Kebudayaan Indonesia Beranekaragam “Bhinneka Tunggal Ika” (Bagian 1)

Kebudayaan Indonesia beranekaragam – Dengan pengertian secara mendasar maka kita bisa lebih memahami mengenai  pemaknaan secara filosofis. Karena terkadang konsep dari budaya tidak harus di letakkan pada konteks adat atau semacamnya. Budaya sedndiri bisa masuk pada konsep dariaspek politik, ekonomi, hukum, agama, sosial dan semacamnya. Oleh karena itu mengenal dari dasarnya terlebih dahulu sangat penting untuk pemuatan makna yang lebih kompleks.

Pengertian Kebudayaan secara Bahasa

Budaya merupakan pembuatan dari pengolahan sikap yang selalu ada di masyarakat. Nilai yang tidak bisa ditentukan pada hukum secara tertulis untuk bisa di terapkan. Budaya sendiri terdiri dari kata “budi” dan “daya”. Budi sendiri dalam pengertian secara bahasa yaitu sikap atau perilaku kemudian daya merupakan usaha atau kebiasaan. Secara bahasa memang dipilah satu persatu kosakata agar lebih memahami pengertian secara umum tapi mendasar.

Jika kita menelusuri lebih lanjut tentang wilayah Indonesia, terutama untuk keanekaragaman budaya, tentu sangat kompleks. Bisa anda bayangkan dengan wilayah Indonesia yang luas dan terdiri dari beberapa pulau dengan terpisah, mungkin banyak yang belum tahu atau terekspos untuk budaya. Hal ini yang menjadikan budaya di Indonesia begitu unik dan sangat variatif.

Keberagaman Budaya di Indonesia

Mungkin selama ini banyak budaya yang sangat terkenaal di Indonesia, seperti pengaruh dari keagamaan yang cukup kental. Seperti,

  • budaya maulid Nabi untuk agama islam,
  • budaya Natal untuk umat kristiani,
  • waisak untuk agama hindu, dan masih banyak lainnya.

Hal tersebut sudah tercantum pada penanggalan yang sah dan berdasarkan hukum. Sehingga memang sudah membudaya secara umum untuk semua umat manusia. Faktor ini secara tidak langusng mempengaruhi toleransi yang sangat tinggi untuk perbedaan di Indonesia. Karena juga sudah diberikan jaminan oleh pemerintah Indonesia dalam kebebasannya.

Penjelasan tersebut berdasarkan visi dan misi yang telah terlampirkan di simbol Negara Indonesia yaitu lambang Garuda dengan berbunyi “bhinneka tunggal ika”. Walaupun berbeda tetapi tetap satu jua. Dengan simbol tersebut masyarakat indonesia secara keseluruhan seharusnya bisa lebih meresapi pernyataan tersebut. Karena bukan hanya sebatas
Kebudayaan Indonesia beranekaragam. Akan tetapi juga diaplikasikan di keseharian kita. Hal ini juga sebagai bukti pengaplikasian secara sikap dengan sadar dan kebiasaan.

Dari perlakuaan siap yang baik dan positif tentu saja kebudayaan akan terbiasa di awali sikap kecil. Hal tersebut jika sudah terbiasa maka akan menjadi budaya yang membudaya.

Apapun kebudayaan Indonesia Beranekaragam tidak akan menjadi masalah dan problem yang berkepanjangan, karena tetap menjadi toleransi tinggi dan bersatu.